Tips Mendapatkan Keturunan dan Cepat Hamil

Dari hasil penelitian sedikitnya ada sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam 1 tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun ke2 pernikahan.

Seseorang baru bisa dikatakan mempunyai masalah infertilitas primer atau gangguan kesuburan jika sudah memenuhi kriteria berikut ini, yaitu belum mempunyai keturunan sesudah 1 tahun berhubungan seksual teratur ( 2 - 3 kali dalam seminggu) tanpa menggunakan kontrasepsi.


Secara medis air dingin tidak ada kaitannya dengan kesulitan mendapatkan keturunan. Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan keturunan :

Lakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat
Waktu yang tepat untuk mendapatkan keturunan dengan cepat yaitu ketika terjadi ovulasi (masa subur). Ovulasi merupakan sebuah peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma.
Silahkan Baca Juga :
Waktu terjadinya ovulasi bisa diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya apabila haid teratur. Sesudah dikeluarkan, sel telur bisa bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang sudah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48 - 72 jam, karena itu dianjurkan melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Apabila haid tidak teratur, maka untuk menghitung masa subur pada wanita yaitu dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Cata jumlah hari dalam 1 siklus haid selama 6 bulan.

Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Dibawah ini adalah rumus perhitungan yang ada :
  • Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  • Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Untuk memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan, sangat disarankan untuk berhubungan intim secara teratur 3 - 4x perminggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi.

Agar prosesnya semakin cepat, maka hal dibawah ini harus diperhatikan :
  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).
Sperma yang keluar sesudah berhubungan intim adalah normal. Hal tersebut tidak mempengaruhi kesuburan dan pembuahan karena jumlah sperma yang ada bisa tetap masuk kedalam tuba fallopi dan melekat pada telur dalam kurun waktu 72 jam sesudah hubungan intim dilakukan.

Apabila sudah melakukan berbagai tingakan seperti diatas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha serta berdoa.
Madu SM

x